7 TED Talks yang Wajib Ditonton oleh Para Desainer (Wanna-Bes)



Belajar itu bisa dari mana pun! Setuju? Saya sih setuju. Saya sudah menjalaninya sendiri untuk menjadi seorang desainer grafis, meski ya masih amatir.

Sejujurnya, saya nggak pernah belajar desain grafis secara khusus. Ada sih beberapa kali ikut kursus, tapi saya malah justru lebih berkembang saat saya belajar sendiri secara otodidak atau lewat buku.

Latar belakang pendidikan saya adalah arsitektur. Mungkin itu sedikit banyak memberi saya dasar desain. Tapi dalam pengembangannya, akhirnya ya tetap saja beda.

Sampai sekarang, saya terus belajar. Otak saya yang sudah mulai uzur kadang ya ngos-ngosan saya paksa untuk update dan upgrade skill. Beberapa hal saya memang mentok, ya sudah enggak apa-apa. Saya toh nggak pernah ngotot untuk sempurna.

Tapi saya selalu suka mendapatkan pengetahuan baru, terutama yang berkaitan dengan desain. Salah satunya belajar dengan menonton video-video TED Talks.








Ada yang belum tahu TED?

TED (Technology, Entertainment, Design) adalah sebuah organisasi media nirlaba yang mengunggah presentasi secara gratis yang didistribusikan secara online, di bawah slogan "ideas worth spreading". TED didirikan pada Februari 1984 sebagai sebuah konferensi, yang diadakan tahunan semenjak 1990. Perhatian awal TED adalah teknologi dan desain, sesuai dengan asal Silicon Valley-nya, namun belakangan ini lebih melebarkan fokusnya dan merangkum presentasi di berbagai topik akademis, budaya, dan ilmiah.
Begitu penjelasan dari Wikipedia.

Penjelasan lebih lanjutnya langsung baca aja di Wikipedia. Pokoknya banyak alasan untuk nonton TED Talks ini.

Nah, saya punya 7 video TED Talks yang wajib tonton untuk para desainer (wanna-bes)--maksudnya untuk mereka yang memang sudah berprofesi sebagai desainer atau mereka yang pengin menjadi desainer. Desainer apa? Desainer apa pun. Kita bisa ambil banyak pelajaran dari para speaker yang sangat expert di bidangnya masing-masing ini.


7 Video TED Talks yang wajib tonton untuk para desainer


1. “How giant websites design for you (and a billion others, too)” by Margaret Gould Stewart





Facebook "like" dan "share" button adalah elemen desain yang paling banyak dipergunakan sekarang ini. Tombol ini dipakai lebih dari 22 miliar kali dalam sehari.

Margaret Gould Stewart adalah product design director Facebook, dan membagikan pengalamannya saat harus memberi solusi dengan elemen desain kecil tapi punya dampak besar.


2. “The stories behind The New Yorker’s iconic covers” by Fran├žoise Mouly




Saya selalu mengagumi cover-cover majalah The New Yorker. Iya, saya nggak bisa langganan, tapi ya kan boleh saya kagum.

Sangat khas! Silakan googling aja, kalau ada yang belum pernah liat ya. Saya akan bahas khusus kapan-kapan aja deh.

Fran├žoise Mouly adalah The New Yorker's art director, dan ia bercerita banyak mengenai proses desain yang harus ia lalui setiap kali edisi baru akan terbit. Worth to watch!


3. “The secret language of letter design” by Martina Flor




Setiap hari kita melihat typografi art di sekitar kita. Ternyata semua bentuk, warna, garis, tekstur dan segala elemen desain dalam signages yang ada di sekitar kita itu nggak cuma asal dibikin. There are a lot of things beyond!

Martina Flor, seorang letter artist, menjelaskannya untuk kita. Video ini dalam bahasa Spanyol ya, tapi tenang, ada kok subtitles Inggrisnya.


4. “How Airbnb designs for trust” by Joe Gebbia




Joe Gebbia adalah cofounder Airbnb. Ia mempertaruhkan brand-nya akan konsep bahwa orang dapat trust each other enough untuk menginap di rumah orang asing.

Hmmm, padahal ada yang namanya stranger-danger thing kan ya? Bagaimana ia memecahkan permasalahan ini? Through good design.


5. “Where joy hides and how to find it” by Ingrid Fetell Lee





Ternyata desain itu nggak hanya harus bisa menyelesaikan permasalahan dan memberi solusi. Ada satu tugas lagi yang harus diselesaikan oleh seorang desainer: membawa rasa exciting atau "joy" bagi mereka yang menikmati desainnya.

Owh. Tugas berat!

Tapi coba ikuti ulasan Ingrid Fatell Lee, mengenai elemen desain apa saja yang akan menimbulkan perasaan senang ini? Ternyata kayak gini nggak sekadar just popped out of designer's head. Ada teorinya, ada ilmunya lo.


6. “The first secret of design is… noticing” by Tony Fadell





Bagi para desainer, tahap "mengamati" adalah tahap terpenting dalam proses desain. Bagaimana kita membuat sesuatu menjadi lebih baik, itu bisa kita dapatkan dari pengamatan.

Tony Fadell, the man behind iPod dan Nest thermostat sharing "the art of noticing" di video ini.








7. “You are fluent in this language (and don’t even know it) by Christoph Niemann




Picture talks 1000 words.

Setuju nggak dengan pernyataan ini? Enggak? Coba ikuti sharing Christoph Niemann, seorang ilustrator profesional, ini.

Without realizing it, we're fluent in the language of pictures.

Gitu katanya. Bener nggak sih? Saya bilang sih bener, apalagi setelah mengikuti ulasannya di video ini. Manggut-manggut aja sayanya, sambil ketawa-ketiwi karena Niemann ini sepertinya juga berbakat menjadi seorang stand up comedian :)))


Nah, itu dia 7 video wajib tonton untuk kamu yang sudah ataupun belum dan pengin menjadi seorang desainer.

Memang semuanya dalam bahasa Inggris sih. Tapi saya sendiri cukup bisa kok mengikutinya. Lagi pula semua dilengkapi juga dengan subtitles, meski bahasa pengantar yang dipakai oleh speakernya juga bahasa Inggris.

Keren bat dah, pokoknya.

Nanti kalau ada lagi, saya akan update lagi ;)

Have fun nonton!

No comments

Powered by Blogger.