9 Website Tempat Download Video dan Footage Gratis Berlisensi CC0



Hae! Ada yang suka bikin video-video buat media sosial atau kerjaan? Sama kek desain grafis, kadang kita butuh filler--elemen desain yang mendukung story yang kita buat untuk melengkapi konsep desain. Ini nih ada beberapa website tempat download video nih.

Soalnya, kalau nanti produknya berbentuk video, maka filler-nya juga berupa video.
Dan seperti juga desain grafis, kalau filler pakai bikin sendiri juga, waktu jugalah yang membatasi. Halah.








So, akan lebih cepat kalau kita comot-comot saja dari beberapa tempat. Tentu saja, videonya juga harus ber-Creative license.

Jadi, ini dia 10 website tempat download video gratis

1. Pixabay.com



Pixabay ini memang junjungan banget dah. Konon, ada 1.2juta konten visual yang tersimpan di Pixabay, dan terus bertambah setiap hari saat ini, yang bisa kita manfaatkan semau kita.

Pada tahu enggak, kalau di Pixabay juga ada free stock video?
Dan menurut saya sih, videonya lumayan bagus-bagus. Bisa banget jadi filler.


2. Pexels



Yes, ada free stock video juga di Pexels. Dan resolusinya cukup tinggi nih.
Semua video di Pexels ini juga berlisensi CC0 ya, sehingga kamu bebas memakai, memodifikasi, mengedit, dan mengubah videonya, tanpa harus memberikan kredit atau ngasih link back.


3. Videvo



Videvo menawarkan video footage dan motion graphics gratis, yang dibuat oleh komunitas penggunanya.

Ada 2 jenis lisensi video-video di Videvo ini: Lisensi Standar Videvo dan Lisensi Creative Commons 3.0. 

Nah, video-video yang punya lisensi standar Videvo dapat kita unduh secara gratis untuk digunakan dalam proyek apa pun. Satu-satunya larangan adalah kita tidak diperbolehkan menyediakan klip dari Videvo untuk diunduh dari web kita. Jadi, misal ada teman yang pengin dapetin video yang sama dengan yang kita pakai itu, kita mesti merekomendasikan langsung unduh di Videvo.

Sedangkan, video-video yang berlisensi Creative Commons 3.0 berarti bisa kita pakai untuk proyek apa pun, tapi harus memberikan kredit pada si pencipta aslinya.


4. Life of Vids



Nah, ini adalah web "saudara"-nya Life of Pix, yang juga merupakan salah satu penyedia free image berlisensi CC0 kesayangan saya. 

Di Life of Vids ada banyak video, klip, dan loop yang disediakan secara gratis oleh Leeroy, sebuah biro iklan di Montreal, Kanada. 

Untuk mengunduh versi video beresolusi tinggi di situs ini, klik aja logo Vimeo di sudut kanan bawah pemutar video. Kamu akan melihat tombol "Download". 


5. Splitshare



Splitshire dibuat oleh desainer web Daniel Nanescu, yang ingin menawarkan foto dan videonya gratis digunakan, baik untuk keperluan pribadi maupun komersial. 

Video-videonya kebanyakan diambil dari drone di outdoor. Cara mengunduhnya hanya dengan klik judul di bawah setiap video.

Kita bebas menggunakan video ini untuk keperluan konten blog ataupun media sosial, selama kita tak menjualnya pada pihak lain. Daniel juga melarang penggunaan video yang dibuat untuk tujuan kekerasan, rasisme, dan diskriminasi.


6. Distill




Distill menyediakan video-video berkualitas HD langsung ke email kamu. Jadi, kalau kamu mau, kamu bisa subscribe, dan akan ada 10 video dikirim ke emailmu setiap 10 hari sekali.


7. Stock Footage For Free



Dengan video baru ditambahkan setiap hari, Stock Footage 4 Free punya koleksi banyak video yang dapat kamu pakai di blog atau di medsos. 

Register aja, ntar kamu akan mendapatkan akses ke semua koleksi stock video mereka. Lisensinya bebas royalti. 

Video di Stock Footage 4 Gratis dikategorikan dalam beberapa kelompok, sehingga memudahkan kita mencari video yang cocok dengan keperluan.

Kayaknya sih, ini kategori dan topik videonya yang paling banyak sih di antara semua.


8. Videezy



Videezy punya banyak koleksi video yang bebas royalti untuk penggunaan pribadi dan komersial, namun mereka tetap meminta kita untuk memberikan kredit sih kalau mau pakai. Tapi, seandainya kamu mau pakai tanpa atribusi, kamu bisa membeli kreditnya.

Ada berbagai macam klip video beresolusi tinggi yang dapat kamu pilih di Videezy, dalam resolusi HD dan 4K. Kalau nemu video dengan keterangan "Pro", itu berarti adalah video premium yang hanya tersedia dengan membayar dengan kredit.


9. Vidsplay



Ada video baru ditambahkan setiap minggu ke koleksi Vidsplay, yang menjadikannya resource yang wajib untuk sering-sering ditengokin. 

Untuk mengunduh klip video, klik kanan pada link download-nya, lalu "Save Link As." Kalau kamu pakai smartphone, cukup tekan dan tahan klip video untuk nge-download.








So, gimana nih? Sudah tahu beberapa website tempat download video, dan sudah cukup banyak stok videonya kan? Selamat berkreasi membuat konten deh kalau gitu!

No comments

Powered by Blogger.