7 Website Penyedia Royalti Free Backsound Musik dan Sound Effect untuk Video

7 Website Penyedia Royalti Free Backsound Musik dan Sound Effect untuk Video


Duh, kayak udah 1000 purnama nggak pernah update ini blog ya. Hehehe. Padahal draf banyak, tapi ya gitu deh. Mesti turun prioritas karena beberapa hal kemarin. Tapi, kali ini mau bagi beberapa website penyedia royalti free backsound musik buat kamu yang suka bikin-bikin video, setelah kemarin saya sempat kasih beberapa resource untuk unduh free filler video dan footage.

Salah satu elemen penting dalam video adalah audionya. Ya iyalah, video itu kan memang terdiri atas gambar bergerak dan suara. Nah, si suara ini bisa jadi adalah dialog, bisa jadi adalah backsound music.

Inget banget dulu pas zamannya anak MTV. Di satu program, ada Nadya Hutagalung sama Jamie Aditya gitu *yampun, anak lawas banget* Mereka tuh ngadain semacam simulasi efek musik terhadap ambience sebuah adegan.

Nah, pertama, mereka bikin simulasi adegan horor tanpa musik. Hasilnya, ya biasa aja. Nggak kerasa horornya. Ya cuma gelap-gelapan, terus tau-tau ada yg nongol. Simulasi kedua, masih simulasi adegan horor, tapi musik score-nya pake musik dance elektronik cenderung koplo gitu. Yang ada eikeh ngakak liatnya. Ga horor sama sekali! Malah komedi. Hahaha. Simulasi terakhir, dengan score music horor beneran. Wha, ya kerasa bener dah. Wqwqwq.

Jadi, score musik atau backsound itu emang bisa banget bawa emosi penonton ya. Makanya penting banget, dan mengolahnya juga butuh keterampilan tinggi.

But, anyway, buat kamu yang suka bikin-bikin video amatir ala-ala kamu sendiri untuk kemudian kamu unggah sendiri ke Instagram, Youtube, or media lain, kamu pasti juga butuh kan ya? Dan, sebaiknya kamu juga pakenya yang copyright free alias CC0 juga--seperti halnya image CC0.


7 Website Penyedia Free Music Bebas Pakai


1. FreePD.com

Semua backsound music di sini free, boleh kamu download dan pergunakan dengan bebas, untuk free account. Sedangkan untuk paid account, hanya berbeda pada keistimewaan fasilitas download aja.

Kalau di free account, kamu mesti download satu per satu. Sedangkan kalau berbayar kamu bisa download secara massal, untuk menghemat waktu.


2. CC Mixter

Di website ini ada sampel-sampel orisinil dari para pemusik di seluruh dunia--juga ada acapella vocal tracks lo--yang bebas kamu pakai, bahkan untuk commercial use tanpa attribution.


3. Free Music Archive

Di sini ada musik-musik bebas pakai yang dikurasi oleh WMFU, sebuah stasiun radio indie di New York. Genrenya juga cukup lengkap lo.


4. Incompetech

Di website ini, ada ribuan musik dan sound effect yang sudah dibuat oleh Kevin MacLeod. Bisa kamu cari dengan filter tempo, genre, durasi, genre, dan mood. Mayan lengkap lo, bahkan si pemilik web juga menyediakan katalog yang berisi list musik dan sound effect yang ada, supaya kita gampang memilihnya.


5. Free Sound

Free Sound punya koleksi musik yang banyak bet. Di sini kamu mesti login ya, kalau mau download. Kamu juga bisa rekues sound effect atau musik jika nggak menemukan yang kamu cari di forumnya.


6. Musopen

Di sini juga ada ribuan backsound music for video dan juga sound effect yang bisa kamu download dengan bebas. Ada 3 jenis subscription plan; lite--kamu bebas download, tapi terbatas 5 file/hari, dengan kualitas standar; dan ada Member dan Benefactor yang mendapatkan fasilitas lebih. Kamu bisa lihat sendiri di websitenya ya.


7. Partners in Rhyme

Di sini juga ada buanyak bet free music buat kamu pakai. Tapi sebaiknya kamu baca dulu rulesnya yang ada di website ini dengan saksama.

Salah satunya menyebutkan bahwa kamu nggak boleh menyebarkan ulang tracks yang ada di sini dalam website kamu sendiri. Jadi, kamu hanya boleh langsung pakai aja buat video, nggak boleh menyebarkan ulang apalagi kemudian mengambil keuntungan.

Rules yang lain, silakan dibaca ya. Ada kok di homepage-nya.


Nah, udah 7 website untuk download free backsound music yang bisa kamu jadikan resource buat bikin video. Saya sih belum bisa kasih opini, musiknya bagus-bagus apa enggak, atau jangan-jangan banyak yang sama. Karena banyak bet, dan saya juga jarang bikin video sih. Hehehe.

Yang penting, semoga bisa bermanfaat buatmu.

No comments

Powered by Blogger.