15 Tutorial Photoshop Bikin Poster Level Beginner Hingga Intermediate - Part 1




Hae, semua!

Saya pernah share ini di Twitter, and I want to collect them all here as well.
So, buat kamu yang pengin ngulik-ulik dan belajar bikin berbagai artworks dengan teknik pakai Photoshop, these tutorials are for you! Dengan berbagai level sih, mulai dari easy peasy sampai advanced.

Part 1?
Yes, Part 1.

Semoga saya bisa ngumpulin lagi beberapa dan saya posting lagi :)
Bagus juga buat saya sendiri soalnya. Hihihi.

So here they are.


17 Tutorial Photoshop dari Berbagai Sumber dengan Berbagai Level

1. Colorful Retro Poster





Mau bikin poster ala-ala retro colorful? Mungkin ini bisa dicoba.
Levelnya intermediate sih karena butuh seleksi dengan detail dan agak rumit dengan beberapa layer.

Tapi ikuti aja tutorialnya, pasti bisa deh. Jelas banget step by step-nya.

Kamu juga bisa mengganti fotonya dengan fotomu.


2. Retro Boxing Poster



Ini lucu juga dicoba. Poster pertandingan tinju kek gini sempat populer banget di era 90-an. Jadi inget, dulu kalau udah ada acara tinjunya Mike Tyson, wuih ... semua orang nunggu. Acara jam 10, TV udah dinyalain sejak jam 8. Pada ngebut kerjaan biar cepet beres terus bisa nonton. Pas acara udah mulai, Mike Tyson gelut ternyata cuma butuh 10 menit, langsung KO lawannya.

Bahahaha. Ya Tuhan. Good old days that I missed so much.

Balik ke laptop.
Ini gampang kok. Level beginner juga bisa. Paling agak rempong di seleksi. Tapi nggak terlalu gimana-gimana sih. Asal kamu zoom sampai 500% juga lancar jaya.


3. 60s Psychedelic Concert Poster



Yang satu ini juga easy levelnya. Paling asyik sih pas bikin modelnya. Hehehe.
Cukup mudah, tinggal telaten aja. Saran, ini agak tricky di warna. Jadi kalau belum mahir kombinasi warna-warna, mending pakai kombinasi yang aman aja.


4. Floating Floral Elements



Saya kira ini tadinya pakai Illustrator. Ternyata pake Photoshop juga bisa.
Levelnya intermediate ya, karena butuh nggambar kelopak bunga secara manual. Tapi cukup mudah kok.

Ini tutorialnya akan menghasilkan folder-folder layer yang banyak. So, persiapkan diri jangan siwer.
Tapi hasilnya keren bats.


5. Indie Rock Gig Poster



Tutorial ini cukup mudah, level beginner. Karena tinggal tempel-tempel aja objek yang sudah ada. Paling butuh seleksi aja tuh buat pohonnya.

Kamu bisa pilih pohon lain, yang nggak terlalu ribet. Sesuaikan aja tapi, biar cocok sama nuansanya.


6. “Walking Dead” Style Poster



And then, of course, it's my favorite. Hehehe.
Poster ala-ala horor, saya sendiri belum berhasil secara smooth nyobainnya.

Level ini ke intermediate tapi lebih ke advanced juga ya, karena step by step-nya lebih rumit. Kalau belum terbiasa, ya cobalah sabar. Barangkali akan bisa selesai dalam beberapa hari. Hihihi.

Tapi kalau semua stepnya diikuti, hasilnya keren bats.


7. Merops apiaster




Ganti aja burung dan gambar pegunungannya dari Pexels, Pixabay, atau Unsplash. Lalu tinggal ikutin step by stepnya. Cukup mudah yang ini sih.



8. Classic Hollywood Movie Poster




Tutorial photoshop yang ini gampang banget. Bisalah dipakai buat bikin poster happy anniversary buat suami atau pacar. Hihihi. Terus dicetak. Uwuwuw!



9. Liquefy Tool Poster



Tutorial photoshop ini pakai tool yang beda, yaitu liquify. Jarang-jarang sih saya pakai tool ini juga, ternyata oke juga buat bikin efek kek liquid gitu ya.



10. Wanted poster




Mau bikin poster ala-ala buronan jadul ini?
Ternyata cukup gampang kok!



11. 90s Rave Poster




Di tutorial photoshop ini, untuk background yang ada garis-garis transparan kek sinar itu, kita akan belajar bikin from scratch. Jadi bukannya nyari background udah jadi.

Sepintas sederhana sih posternya, tapi banyak tools yang akan kita pakai di sini.


12. Bourne legacy



Pengin bikin poster ala-ala film Bourne Legacy? Bisa. Dan ternyata nggak terlalu susah kok. Hehehe. Level beginner banget.


13. Retro Urban Gig Poster






14. Sci-Fi Film Poster



Mau bikin poster ala film-film Star Trek? Bisa nih pakai tutorial photoshop yang ini. Lumayan mudah kok.


15. High-Contrast Flyer


Ini juga level beginner. Paling butuh hand work di pas bikin bidang-bidang magenta, hijau, dan kuning itu aja sama pas seleksi objeknya.

Nah, gimana tutorial photoshopnya? Lumayan kan, bisa dicobain satu per satu, lalu dikembangkan lagi deh.

No comments

Powered by Blogger.