Cara Membuat Bullet Journal - Supaya Hari-Hari Sibukmu Lebih Teratur dan Bahagia



Suka bikin Bullet Journal enggak? Enggak ya? Saya sih sebenarnya suka bikin agenda, todo list, dan sebangsanya. Ada yang daily dan weekly sih terutama, cuma saya bikinnya di kertas bekas struk belanja. Hahaha. Tapi, hari ini saya diajarin cara membuat Bullet Journal yang cantik.

Huhuhu. Kamu mau nggak, saya ajarin juga membuat Bullet Journal yang cantik? Halah. Gegayaan. Padahal juga baru tadi nyoba bikin. Wqwqwq.

Iyaaa, saya lagi hepi nih, barusan pulang dari workshop Kreatif Pasti Sukses yang diadakan oleh Standard Pen.



Nah, ya. Memang workshopnya macem-macem banget, dan semua tuh gratis tis tis! Saya udah mupeng aja pas lihat bannernya. Tapi, ternyata saya cuma bisa ikutan yang workshop Bullet Journal. Padahal mupeng banget ikut workshop Doodle.

Tapi ya udah deh. Bullet Journal juga pasti serulah. Malah faedah banget kan? Di Bullet Journal kita juga bisa hias dengan doodle dan handlettering kok. Iya kan?


Eh, bentar. Tapi Bullet Journal itu apa sih?




Bullet Journal adalah semacam agenda yang kamu buat sekreatif mungkin, yang berisi tentang segala kegiatanmu, pikiran randommu, dan segala hal penting yang harus kamu catat.

Ya, kalau di toko-toko kan sering ada agenda executive itu kan ya? Di dalemnya ada kalender, todo list harian, bulanan, hingga tahunan, lalu ada catetan keuangan, dan lain-lain.
Ya, ini kek gitu juga, cuma dalemnya kamu buat sendiri, menurut kreativitas kamu sendiri juga.

Cocok banget deh buat yang suka crafting, kerjaan tangan, handlettering, dan doodling ini mah pokoknya.


Bullet Journal isinya apa aja?




Ya, apa aja, terserah kamu deh. Tuh, macem-macem kan? Kalau saya ya, begitu dateng udah langsung niat bikin buku log buat kegiatan nulis dan ngeblog sehari-hari sih.


Terus, apa saja yang diperlukan untuk membuat Bullet Journal?




Ya, yang paling penting tentu buku jurnalnya ya. Pilihlah yang polosan, dan yang bendingnya spiral sih lebih enak. Kalau di toko-toko sih sering tuh saya lihat blocknote yang polosan.

Harus polosan ya? Iya, supaya kita lebih enak ntar corat-coretnya, nggak keganggu garis-garisnya kan?

Terus peralatannya ya bisa apa aja yang kamu punya sih. Mulai dari pensil, pensil warna, spidol, bolpoin, marker, highlighter, sampai cat air pun bisa dipakai semua. Kalau kamu punya stiker-stiker, isolasi warna-warni lucu, pita-pita, kertas lipat, post-it, semua juga bisa dipakai.

Pokoknya bebas!


Cara membuat Bullet Journal


Nah, kalau kamu mau ikut bikin Bullet Journal ala kamu, begini basic step by stepnya.

1. Siapkan peralatan



Kebetulan tadi di workshop, kita sih diberi bolpoin dan gel pen. Terus dipinjami banyak alat lain, seperti higlighter itu, dikasih juga kertas origami, stiker, selotip warna-warni.

Sebenarnya mau pakai bolpoin dan pensil aja juga sudah bisa sih. Saya juga tadi cuma bikin pakai bolpoin sama highlighter aja. Nggak pakai nempel-nempel, pertamanya. Tapi di lembar terakhir yang saya buat, baru deh nyoba pakai selotip.

Saya males gunting-gunting soalnya :))

Oh iya. Untuk ngisi-ngisinya, keknya saya sarankan pake gel pen aja deh. Soalnya mata pennya kecil ramping, tapi tintanya kan warnanya lebih mantap ketimbang yang bolpoin biasa. Kalau punya Standard ini nama gel pen-nya MyPen. Tadi saya pakai corat-coret ya enak banget kok.
Nggak usah pakai brush pen, malah susah.

2. Bikin halaman index



Nah, ternyata ini saya baru tahu.
Untuk membuat Bullet Journal, mulailah dari halaman index, yaitu daftar isi jurnal. Ini penting, supaya kita ntar bukanya gampang.


Nah, itu halaman index versi saya. Tinggal isi saja, nanti setelah ada agenda-agendanya. Jangan lupa kasih nomor halaman ntar ya. Iya.

Kalau masih bingung sih, ini dibikin nanti aja bisa kok. Lompati saja 1-2 lembar, biarkan kosong. Dan kita mulai bikin isi jurnal di lembar ke-3.


3. Mulai bikin catatan





Nah, di lembar ke-3, saya bikin daily log ini. Semacam catatan todo list untuk sehari ini.
Ini benar-benar tergantung kreativitas masing-masing ya. Bebas banget deh pokoknya.

Saran sih, kalau kamu mau cari ide, kamu bisa cari di Instagram atau di Pinterest. Banyak kok.


4. Boleh juga diisi quotes




Biar hidup makin semangat kan ya?

Kata si mbak mentor sih, kalau kita punya idola, juga boleh lo ditulis di sini profilnya. Biar kita makin terinspirasi gitu.

Hmmm. Saya pengin nulis tentang siapa ya?
Saya ngidolain orang itu seasonal sih soalnya.
(((seasonal)))


5. Isi terus sesuai keinginanmu deh.




Pokoknya apa pun yang penting, tulis aja.
Seru banget bikinnya! Argh!

Tapi saya harus berhenti sih tadi, soalnya waktunya udah habis. Hahaha. Bisa seharian kali saya di sono kalau nggak inget tempatnya akan dipakai untuk workshop lain mah.

Jadi, ya sudah, ntar diterusin saja di rumah, yes?


Jadi, ini dia halaman terakhir yang saya buat.
Gimana? Keren kan? Uhuk!



Saya pengin lanjutin lagi untuk semua kegiatan saya sehari-hari nih, sampai ke daftar belanja bulanan, bahkan tanggal-tanggal tagihan. Hahaha.

Kayaknya bakalan boros blocknote ini mah~
Bikin kayak gini tuh, bikin hati hepi lo. Sudah tahu kan, salah satu cara untuk stress relief yang efektif itu adalah doodling dan book coloring? Nah, semua itu tuh bisa kamu lakukan dengan membuat Bullet Journal ini.

Buktinya, saya--meski nggak selesai nih--tadi pulang merasa hepi banget. Meski rada susah juga sih bikin Bullet Journal di TKP tadi, secara mejanya kecil. Saya biasa nggambar di meja gede, soalnya :))

Ya sudah, ntar kalau sudah jadi semua, saya akan update lagi ya.

Demikian oleh-oleh saya dari workshop Bullet Journal "Kreatif Pasti Sukses" bareng Standard Pen.
Jadi, hayuk, buruan cari blocknote polosan!

3 comments:

  1. Ah Mak Carra You're multitalenta....pokoknya mah.. luv u so much....

    ReplyDelete
  2. Aku sih bukannya nggak suka bikin bujo tapi baru kemarin tau. Wkwkwkwk. Tapi kalau bagus begini, sayang ya dicoret kalau sudah selesai.

    ReplyDelete
  3. Owalah, jadi yang namanya bullet journal tu ginian, mbak? Jebul aku kudet. Aku sejak SMA udah bikin "diary" model gini tapi nggak tau namanya. Ditempel stiker lah, digambarin, poto gebetan, ahahahaha. Cuma nggak pernah bikin index sih. Sayang kemarin nggak bisa ikutan workshopnya, pasti seru.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.