Logo Design - Djawa



Sebuah logo biasanya mencerminkan identitas perusahaan. Ya eyalahhh. Yang pertama kali diulik dalam sebuah proses corporate identity pastilah logo duluan. Alasannya? Ya, karena logo itu identity paling basic deh. Mau bikin kartu nama, ada logo, mau bikin kertas kop surat, ada logo dong, mau bikin media promosi, yaaa musti ada logo juga.

Salah satu proyek ngulik logo saya adalah logo Djawa ini.


Logo yang lama
Kata ssng Owner, logo ini terlalu berat, karena 1. warna goldennya, 2. efek 3D nya.

Hmmm.
Terus beliau menjelaskan beberapa alasan dan filosofi mengapa logo tersebut terlalu “berat”, yang saya pun, terus terang, nggak mudeng juga. Yah, pokoknya intinya, harus diubah. Lebih light tapi catchy. Kurang lebih begitu deh.

… so saya pun mulai ngedesain …

Sebelumnya beliau juga kasih masukan sedikit buat saya, bahwa desainnya kurang lebih musti mengadopsi bentuk atap rumah joglo. Khas, dan karena memang kantor kami sebagian besar terdiri atas joglo-joglo klasik. Jadi ya, daripada terlalu pusing, mending itu aja yang dijadiin identitas.

Baeklah, Boss. Jadi akhirnya saya bikin beberapa alternatif.




Yang di atas itu adalah studi bentuk atap rumah joglo yang mau saya ambil sebagai main part. Setelah ketemu mana yang terasa paling oke, lanjut ke tahap berikutnya yaitu brainstorming logo.



Sampai di sini, desain-desain ini saya ajukan ke juragan untuk di review. Dan yang terpilih adalaaaaaaahhh… *jengjeng* yang INI!!!


Kalo udah ada approval begini, saya lantas membuat berbagai alternatif kenampakannya jika diaplikasikan di berbagai media.


So, logo itulah yang dipakai hingga sekarang. Simpel, gampang diaplikasikan di media apapun… ditrace ulang pun juga gampang, dan langsung terbaca, D-j-a-w-a.

Buat saya sih kriteria logo yang bagus ya yang memenuhi syarat tersebut. Terutamanya gampang di-trace. Karena saya pribadi sangat amat sangat pusing kalo nemu logo orang, ada unsur grunge nya, ada shadow yang terlalu besar feather-nya, udah gitu fontnya juga nggak jelas, plus susah di-trace ulang. Wew!

Demikianlah proses metamorfosisi logo Djawa.

All images are courtesy of Djawa
Powered by Blogger.