[Tutorial] Menambahkan Fake Shadow dengan Photoshop

7/20/2016 10:10:00 PM Carolina Ratri 1 Comments



Tutorial seri kedua untuk bahasan “Foto dengan Background vs Foto tanpa Background” ini akan menjelaskan gimana caranya menambahkan efek shadow dengan bantuan Blending Options dari Photoshop.

Shadow yang dihasilkan oleh tool ini tidak terlalu 3 dimensi tapi lebih ke 2 dimensi. Dalam arti dia hanya sebagai drop shadow, dan bukanlah shadow dari barang asli yang 3 dimensi ditandai dengan adanya perspektif dan tergantung oleh pencahayaan.

Lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Perhatikan gambar 1 dan 2.


Gambar pertama itulah yang kita sebut sebagai drop shadow 2 dimensi, sedangkan gambar kedua itu merupakan shadow 3 dimensi.
Sekarang kita bahas dulu cara buat Drop Shadow ya :)

1. Buka file yang akan diedit.

 


2.  Hilangkan backgroundnya.


Ikuti langkah-langkah “Tutorial Menghilangkan Background” yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, hingga didapatkan image final dengan background kotak-kotak seperti di bawah ini.



3. Tambahkan Blending.


Select Layer 0, lalu klik kanan. Maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini.


Pilih Blending Options, seperti yang terlihat di atas.

4. Tambahkan Drop Shadow


Maka akan muncul window popup seperti berikut.


Klik centang pada pilihan Drop Shadow, maka akan terlihat option untuk setting Drop Shadow. Blend Mode tetap pada Multiply. Kotak hitam di sampingnya itu menunjukkan warna shadow yang akan dipakai.

Opacity merupakan nilai transparansi shadow. Biasanya sih saya pakai antara 40-60 % ya, nggak terlalu gelap.

Angle merupakan sudut jatuh cahayanya. Global Light biarkan tercentang saja. Yang perlu kamu atur sesuai keinginan kamu adalah Distance, Spread dan Size. Untuk ngeliat efek masing-masing value, coba aja di eksperimen sendiri yah :D

Kalo udah sesuai dengan keinginan klik tombol OK.

5. Drop shadow sudah jadi :)




Kalo di-save dengan format .jpg jadinya kayak image berikut …
 Hasil Final dropshadow

Saya sih nggak terlalu merekomendasikan menggunakan tool ini untuk shadow barang-barang 3 dimensi ya, karena tidak terlalu kelihatan alami. Tapi untuk beberapa kasus, penerapan drop shadow model begini sih udah lumayan baguslah.

Terus ...
Gimana caranya bikin shadow yang lebih alami?
Tunggu di posting berikutnya ya :)

1 comment: