7 Aplikasi Android Kreatif untuk Kamu yang Juga Kreatif

1/22/2017 06:56:00 AM Carolina Ratri 4 Comments



Sekarang apa-apa bisa kita kerjakan di smartphone, betul?
Termasuk utak atik desain visual dan grafis. Memang nggak seampuh kalau kita kerjain di PC maupun laptop sih. Tapi ada beberapa aplikasi Android yang ternyata asyik banget buat ulik ulik desain, meski hasilnya nanti harus diretouch lagi di laptop.

Buat kamu yang mungkin bukan seorang desainer pro, aplikasi ini juga bisa kamu pakai sekadar buat fun, dan pengisi waktu saat bosan dengan media sosial maupun games. Mayan, buat dipamerin di Instagram nanti hasilnya setelah diolah di beberapa aplikasi ini. Hahaha.

Ini dia beberapa di antaranya.

7 Aplikasi Android buat para pekerja kreatif.


1. Photoshop Sketch




Kalau Photoshop pasti udah ngerti deh ya. Adalah software andalan Adobe yang ampuh banget buat ngedit foto. Adobe punya software sendiri buat ngilustrasi, yaitu Adobe Illustrator.

Nah, di Photoshop Sketch ini, bukannya dipakai untuk ngedit foto, tapi buat bikin sketsa. Keren kan. Saya pengin banget pake, tapi kayaknya mesti beli stylus pen-nya dulu yes? Hahaha. Nabung!


2. Cardboard Camera




Yang mau main-main dengan foto-foto Virtual Reality (VR), bisa nih install aplikasi Android yang ini.

Foto VR adalah foto yang yang bisa menampilkan pemandangan 360 derajat (atau memutar) dengan efek 3D, plus juga ada sound-nya. Pokoknya serasa kita berada dalam foto itu, yang dekat ya keliatan dekat, yang jauh ya keliatan jauh.

Keren banget lah :D


3. Photoshop Fix



Nah, ini dia. Kemarin saya sempat install, tapi uninstall lagi karena hape saya kurang memadai jadinya lemot pisan! Dan, juga karena jempol saya yang kegedean! Pfffttt!

Setelah beberapa lama hanya bisa digunakan oleh para pemakai iOS, akhirnya Adobe merilis versi Android-nya juga. Memang nggak se-mighty versi desktop sih, tapi ya teteplah ya, keren.


4. Prisma




Nah, ini saya lihat sih udah banyak temen yang suka makai.

Kalau soal transforming foto, di Android emang banyak banget aplikasinya ya. Keren-keren pun hasilnya. Mau ngubah foto jadi apa pun bisa dan ada aplikasinya. Tapi kayaknya Prisma ini memang yang paling ngehits selama tahun 2016 kemarin.


5. Capture CC



Yang satu ini juga punya Adobe nih. Capture CC ini merupakan free app yang memungkinkan kita mengambil color palette dari foto-foto yang kita ambil, dan kemudian bisa kita gunakan After Effect CC, Dreamweaver, Animate CC, Illustrator CC, Illustrator Draw, InDesign CC, Muse dan Photoshop CC.

Nggak cuma itu, Capture CC juga bisa meng-generate sketsa yang kita gambar pakai Illustrator menjadi vector lho. Dan, semuanya, asal kamu punya akun, bisa di-sync sehingga bisa dibuka dan diedit di mana pun.

Wew!


6. Lightroom 2.2




Lightroom ini menjadi pemenang Professional Photographer Hot One Awards dalam kategori Photo App tahun 2015 lho.

Aplikasi Android ini bisa mentransfer RAW/DNG files dari kamera ke smartphone. Nah, yang suka nguplik-uplik DSLR tahu kan, RAW itu yang kayak gimana?


7. Adobe XD



Sebagai usaha untuk menyaingi aplikasi Sketch, maka Adobe meluncurkah Adobe XD.
Sebenarnya software ini masih buat desktop sih utamanya, tapi aplikasi Androidnya memungkinkan kita buat ngintip-ngintip desain-desain yang udah kita bikin on the go.

Saya belum coba yang terakhir ini. Hehehe.

Nah, itu dia beberapa aplikasi Android yang ngehits di kalangan para pekerja kreatif.
Ada yang saya lewatkan?
Tambahkan di kolom komen ya!

4 comments:

  1. Baru tahu semua aplikasi di atas Mbak. Photoshop aja baru mau belajar lagi. Hihi. Tertarik sama aplikasi yang pertama. Keren bisa buat sketsa.

    ReplyDelete
  2. aplikasi buat foto semua yaa makasih udah sharing kak hihi

    salam kenal, mampir ke blogku yuk :)
    foreverispossible.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Semua aplikasi di atas masih katrok banget aku maininnya, secara kalau mainan image, level aku masih beginner parah. Foto aja pake snapseed doang bisa maininnya. Hihihi. But than, info ini bikin aku ga katrok (minimal tau) kalo lagi sharing sama anak anak design. Makasih mba carra.

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget Lightroom, cinta secintanya. Hahahahaha. Jadi pengen nyoba yg lain jg

    ReplyDelete