Tutorial Photoshop: Membuat Foto Sephia

4/08/2017 04:02:00 PM Carolina Ratri 0 Comments



Selain hitam putih, foto-foto yang dibuat pada jaman dulu sering kali hanya terdiri atas 1 warna. Contoh yang umum adalah foto berwarna sephia yang didominasi oleh warna cokelat. Warna kecokelatan ini bisa memberi kesan kuno dan elegan pada sebuah foto. Dengan Photoshop, sephia dapat dibuat dengan mudah.

Caranya? Gampil! :D




Cara membuat foto sephia dengan Photoshop


1. Buka file image atau foto yang ingin diubah menjadi sephia. Di sini ada foto ini. Seperti biasa ini hasil comotan udah lama banget.



2. Coba cek di bagian image title atau judul gambar di dalam kurung. Dilihat apakah di situ ada tulisan RGB, ataukah CMYK? Kalau sudah RGB, berarti sudah bisa langsung diubah menjadi sephia. Kalau belum, ubahlah dulu mode color nya ke RGB. Caranya, di bagian menu  bar, pilih [Image] - [Mode] - [RGB] Seperti ini.




3. Lalu ke menu bar lagi, pilih [Image] - [Adjustments] - [Channel Mixer]




4. Pada kotak Output Channel, pilih [Red]. Di bagian Source Channel nya ketikkan nilainya berturut-turut 30 , 68 , dan 8. Ketikkan di Constant nya nilai 8.




5. Lakukan hal yang sama seperti di atas pada Output Channel Green dan Blue - nya, nilai-nilainya seperti gambar berikut ini.





6. Lalu klik [OK], dan hasilnya, fotomu udah jadi sephia.




Gampang kan? :D

Selamat mencoba!

0 comments: