Adamawa Series Ambience Foto Session




Ambience foto berarti adalah foto produk (terutama produk furniture, kalo buat saya) yang dikondisikan di mana produk-produk tersebut diaplikasikan ke dalam ruang interior yang sesungguhnya.

Salah satu deskripsi pekerjaan saya di kantor lama adalah memang melakukan sesi pemotretan untuk keperluan foto ambience ini. Biasanya foto yang begini ini saya buat untuk keperluan media promosi, seperti untuk dipergunakan dalam katalog produk maupun untuk diupload ke website.

Kali ini yang saya bidik adalah satu seating set koleksi dari The Jungle milik Djawa Furni.



Konsep si desain produk sendiri adalah menyajikan furniture berbahan dasar ranting-ranting kayu jati yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk satu furniture yang fungsional sekaligus dekoratif, maka seri ini saya namakan The Jungle… Hutan… ada banyak set yang masuk ke dalam seri The Jungle ini, Adamawa ini salah satunya.

Nama Adamawa sendiri saya ambil, kalo ndak salah, karena sudah lama sekali ini jadi udah lupa :D, dari nama sebuah hutan di kawasan Afrika. Kalo ndak salah di Nigeria, karena kemudian mengikuti judul seri besarnya yaitu The Jungle, saya namakan masing-masing set dengan nama-nama hutan di seluruh dunia.

Kebetulan di salah satu showroom Djawa Furni itu ber-backdrop hutan belantara, maka di sanalah saya menyetting photo session hari itu. Sebenernya akan lebih natural, kalo semua barang-barang ini memang saya angkut untuk saya foto di hutan yang sebenernya.

Tapi yahhh… keterbatasan SDM yang bisa membantu saya-lah kendalanya :D Jadi yaa terpaksa harus puas cuma difoto di interior saja.

Anyway, adalah biasa dalam sesi motret begini, saya bisa motret 5 hingga 6 kali shoot. Karena pertimbangan angle biasanya. Supaya lebih banyak alternatif gitu.

Nah, yang di bawah ini adalah foto-foto mentah, belum diretouch dengan Photoshop. Sedangkan yang di atas sana adalah foto yang sudah final touch, alias sudah diedit-edit dengan Photoshop. Biasanya saya mengantur level pencahayaan, menambah ketajaman warna dan poles-poles edge yang kabur biar lebih berkesan 3D.









Sampai bertemu lagi di portfolio sesi pemotretan produk selanjutnya!~

No comments

Powered by Blogger.