Tutorial Montage Foto untuk Promosi dengan Photoshop

9/17/2017 12:24:00 PM Carolina Ratri 0 Comments



Posting kali ini bisa dibilang merupakan lanjutan bahasan foto untuk online shop yang pernah saya post di sini.

Kadang kita perlu foto di mana ada beberapa produk dalam 1 frame. Yang kaya gini biasanya dipakai untuk promosi. Bisa untuk brosur atau untuk cover timeline mungkin :)

Nah, foto kayak gini bisa kok diambil dari foto-foto yang udah ada. Nggak perlu motret lagi dari awal.

Kalau kamu memang prefer menggunakan Photoshop alih-alih aplikasi fotografi di smartphone, caranya juga gampang banget. Background juga putih aja, tanpa aneh-aneh.

Pertama, tentunya pastikan dulu bahwa semua foto ber background transparan (cara bikin membuat background transparan bisa dilihat di sini) dan siapkan beberapa foto yang akan dijadikan dalam bentuk .psd ya. Kalau dalam bentuk .jpg kan backgroundnya jadi putih, bukan transparan lagi :)

Lalu ikuti beberapa langkah berikut:

1. Buka the mighty Photoshop, terus buka file-file foto yang akan di-montage.



2. Buka file baru. Saya pakainya 1366 x 768 pixel. Ini bisa disesuaikan nanti :)




3. Drag foto pertama ke dalam frame.



4. Drag foto kedua, dan seterusnya. Draggingnya pakai move tool ya. Sesuaikan ukuran masing-masing foto juga dengan men-drag sudut transform control-nya, terus sesuaikan urutan layernya juga dengan men-drag layer pada panel layer di sisi kanan :)




5. Jadinya begini.



Nah, sebenernya ngga ada aturan baku buat nata foto beginian. Tapi saya sih suka nurut prinsip perspektif. Jadi, pastikan yang di belakang itu imagenya lebih kecil daripada yang depan. Akan keliatan dinamis dan lebih hidup :)

Kalau bisa, atur juga level gelap terangnya, makin ke belakang makin gelap.

Yang tadinya canvasnya terlalu gede, bisa dikrop. Yang kekecilan, bisa ditambah ukuran canvasnya dengan Menu > Image > Canvas Size, dan masukkan nilai yang diinginkan.

Nah, sudah selesai.

Selamat mencoba!

0 comments: