Tutorial Photoshop: Menganalisis Masalah Pencahayaan pada Foto dengan Level



Halo!

Kembali lagi kita akan ngulik software kesayangan saya: Photoshop!
Jadi, kali ini saya mau ngomongin tentang pencahayaan dalam sebuah image.

Masalah yang biasa terjadi saat pemotretan adalah mendapatkan pencahayaan yang tepat. Meski kita bisa memastikan sebuah foto itu over light atau under light dengan hanya melihat saja, tapi nggak ada salahnya kita mengenalinya lewat Histogram yang ada di menu Adjustments > Level.

Histogram yang ada di menu Level ini bekerja dengan memetakan nilai sifat warna pada setiap pixel.

Jika sejumlah pixel terkumpul menjadi bayangan, artinya adalah gambar atau foto tersebut memiliki daerah gelap yang lebih banyak. Sebuah gambar, dengan sedikit atau banyak pixel, yang menyebar memotong garis histogram mempunyai kisaran sifat warna (tone) yang penuh.







Dengan mencermati histogram ini, kita bisa tahu secara tepat bagian mana dari histogram yang perlu diatur ketika kita harus me-retouch sebuah foto.

Foto dengan Pencahayaan Lebih




Foto di atas overlight. Sudah bekgron putih, objek juga bersalut warna terang. Kalo mau dilihat histogramnya, begini kenampakannya.




Indikasi overlight adalah sisi sebelah kiri value-nya adalah nol. Coba kita perbaiki dengan menggeser slider-nya ke kanan hingga dia punya value > 0.




Saya geser ke value 115, dan hasilnya begini ...



Udah iyes kan?


Foto dengan Pencahayaan Kurang




Foto di atas sudah kelihatan underlight. Dalam histogram, bisa dilihat seperti ini.




Berbeda dengan alur grafik pada image dengan pencahayaan berlebih sebelumnya, di image yang kekurangan cahaya, sisi kanan grafik rendah banget. Ini menunjukkan bahwa image terlalu gelap. Ini disebut image dengan pengaturan rendah.

Diperbaiki dengan menggeser value sebelah kanan ke kiri.




Hingga mendapatkan image seperti di bawah ini.




Sudah cukup nice kan? :)







Itu tadi perbaikan image dengan mengacu pada histogram Level. Bisa juga dengan memakai Curves. Kapan-kapan kita bahas juga yes?

Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.